Teknik Pengovenan Tembakau Virginia di Lombok

Penanaman tembakau  sebagai bahan baku untuk pabrik rokok pertama kali diperkenalkan di lombok pada tahun 1968.  Lombok dibidik sebagai salah satu daerah penghasil tembakau karena memiliki iklim dan tanah yang sesuai serta kebutuhan sosial-ekonomi masyarakat. Pada awalnya petani melakukan penanaman pada areal yang kecil, namun demikian seiring dengan waktu luas areal penanaman semakin meningkat karena potensi keuntungan ekonomi yang menjanjikan. Hingga kini sudah hampir 20.000 hektar lahan telah ditanami tembakau dengan kecendrungan yang terus bertambah.

Tembakau virginia lombok

Tembakau virginia lombok

Pada awalnya petani hanya menjual daun tembakau secara langsung kepada perusahan rokok. Namun demikianakhir)akhir ini, perusahaan rokok hanya menerima dalam bentuk krosok tembakau dari tembakau yang sudah dioven. Hal ini menambah potensi keuntungan petani, meskipun akhir-akhir ini menghadapi berbagai macam permasalahan yang sangat kritis untuk diselesaikan.
Konstruksi
Pada umuumnya di lombok, oven dibangun dengan kapasitas yang tidak terlalu besar yaitu dengan tinggi 4 meter untuk 3-4 rak, dengan antara 85 – 90 cm. Seiring dengan bertambahnya areal penanaman maka oven yang biasanya dipakai sekarang memiliki kapasitas yang lebih besar. Pada umumnya oven merupakan bangunan sederhana yang dibangun dengan ditembok dan diatap seperlunya. Bangunan oven dilengkapi dengan Ventilasi, yang luasnya lebih kurang 3 % dari seluruh bangunan, yaitu:  2 buah ventilasi atas untuk membuang air dan 2 buah ventilasi bawah untuk keluar masuknya udara. Ventilasi digunakan untuk mengatur suhu dan kelembaban dengan membuka dan/atau menutupnya. Model tungku yang biasa digunakan adalah satu tungku dan satu kompor spiral untuk memudahkan dalam pengontrolan.
Prinsip dan Cara Kerja
Secara sederhana tujuan utama pengovenan tembakau adalah untuk mengurangi kadar air yang terkandung didalamnya. Akan tetapi ada berbagai persyaratan teknis yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kualitas yang diinginkan. Untuk menghilangkan karad air pada daun tembakau basah digunakan udara panas yang ditiupkan melalui pijaran nyala api. Sistim pengovenan yang saat ini dugunakan ada dua yaitu: (1) Sistim pengasapan dalam, dimana flue (gas panas hasil pembakaran) bercampur dengan udara pemanas. Sistem ini lebih hemat bahan bakar namun memiliki dampak buruk menyebabkan rendahnya kualitas krosok dan berubahnya aroma krosok yang menyebabkan turun secara drastisnya harga. (2) Sistem pengasapan luar, dimana flue dipisahkan dengan udara pemanas untuk menghindari berubahnya aroma tembakau dan terjadinya pembakaran tidak sempurna dimana gas CO berikatan dengan nikotin yang dapat membentuk senyawa karsinogenik Nitrosamin.
Untuk mendapatkan panas yang memadai, nyala api dari kompor didorong menggunakan pompa udara/blower. Kompor yang diletakkan di bagian bawah pada mulut tungku akan akan menyalurkan udara panas ke ruangan yang telah terisi penuh daun tembakau yang diikat, dan digantung pada kayu bulat kecil yang berfungsi sebagai stik. Daun tembakau ditata sedemikian rupa secara berjajar, dan bersap-sap sampai memenuhi ruangan. Untuk mengecek, apakah tembakau telah kering dalam ukuran tertentu, mereka sesekali mengontrol lewat celah jendela yang terletak di paling atas bangunan dengan bantuan tangga. Dengan membuka atau menutup lubang ventilasi tersebut.
Biasanya berat basah daun tembakau yang masuk satu kali pengovenan sekitar 3  ton dan setelah mengalami proses pengeringan dalam oven beratnya menjadi: 6 – 8 % saja untuk daun bawah; 9 – 12 % untuk daun tengah; dan 13 – 17 % untuk daun atas. Bahan bakar yang dipakai dalam pengovenan ini adalah minyak tanah biasanya 1,5 – 2,25 drum.
Untung ruginya kegiatan pengovenan tembakau ditentukan oleh dua faktor, faktor kualitas dari bahan baku/daun tembakau dan teknik pengovenan. Kualitas daun ditentukan oleh faktor cuaca/iklilm dan teknik penanaman, sedangkan kualitas krosok ditentukan oleh teknik pengovenan. Krosok tembakau yang baik bisanya distandarisasi dengan grade/level tertentu yang ditentukan oleh beberapa kriteria teknis. Biasanya kualitas krosok inilah yang masih menjadi misteri, agaimana mendapatkan krosok dengan grade terbaik.
Informasi lebih lengkap dan terstruktur mengenai Tembakau Virginia dapat dilihat pada link berikut.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: