Kehidupan mahasiswa (Indonesia) di Belgia

Hidup di Belgia

Biaya hidup

Untuk pola hidup yang wajar, kebutuhan biaya diluar tempat tingal dan transportasi ke luar kota berkisar antara €200-300. Tentu saja nilai ini sangat bergantung kepada gaya hidup mahasiswa tersebut. Yang relatif mahal adalah biaya transportasi antar kota dengan menggunakan kereta api. Sebagai gambaran umum, harga tiket Kereta Leuven-Brussel (±20 menit) mencapai €5.2, Leuven-Gent  (±70 menit) mencapai €17 untuk satu kali jalan. Untuk penerima beasiswa, biasanya besaran beasiswa mencakup seluruh kebutuhan akomodasi dan biaya hidup, bahkan ada yang termasuk transportasi pulang pergi ke negara asal. Dana tersebut, jika bisa digunakan dengan hemat masih terdapat cukup sisa untuk ditabung. Untuk mendapatkan akomodasi yang murah, bagi penerima beasiswa yang besarnya kurang dari €1300/bulan, universitas menawarkan akomodasi bersubsidi.

Berorganisasi di PPI

Berorganisasi di PPI

Asuransi dan pemeliharaan kesehatan

Pemeliharaan kesehatan masyarakat di Belgia relatif sudah sangat baik. Tanpa ditanggung asuransi, biaya pengobatan relatif sangat mahal. Untuk biaya konsultasi dokter umum saja, biayanya dapat mencapai €27. Untuk mengatasi hal semacam itu, pemerintah Belgia mengharuskan warganya termasuk juga pendatang (mahasiswa internasional) untuk memiliki asuransi kesehatan. Bagi mahasiswa yang menerima beasiswa, biasanya biaya asuransi sudah otomatis ditanggung, namun bagi yang menggunakan dana pribadi, asuransi dibayar dengan biaya sendiri. Hal ini semata-mata untuk membantu agar mahasiswa tidak direpotkan oleh urusan kesehatan yang mungkin akan dialaminya di masa satu tahun kedepan. Keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari asuransi kesehatan antara lain:

BBQ

BBQ

  • Biaya  untuk  konsultasi dokter diganti sebesar 70-80%. Hal ini tergantung jenis perawatan dan perusahaan asuransi yang dipilih.
  • Biaya untuk obat-obatan 70-80%.

Mahasiswa umumnya dikenakan tarif khusus dari pihak universitas ±€30/tahun, tergantung perusahaan asuransi yang dipilih. Biasanya, disarankan juga mengikuti asuransi yang menanggung kerugian untuk pihak ketiga. Asuransi ini besarnya €13/tahun. Jadi jika secara tidak sengaja kita merusak properti atau barang orang lain, kerugian yang harus kita tanggung dapat diganti oleh pihak asuransi.

Tempat tinggal

Terdapat tiga kategori tempat tinggal mahasiswa:

  • Kamar: Seperti kos-kosan di Indonesia namun dilengkapi wastafel. Terdapat ruang bersama dan dapur bersama. Kamar mandi dan kamar kecil juga dipakai bersama. Harga sewa sekitar €200-300/bulan.
  • Studio: Kamar yang ukurannya relatif lebih besar. Dapur, kamar kecil, kamar mandi semua terdapat didalam kamar. Harga sewa sekitar €350-500/bulan.
  • Apartemen: Ruangan dan fasilitas seperti apartemen pada umumnya. Biaya sewa minimal €550 untuk satu kamar tidur.
Kadang-kadang seminar

Kadang-kadang seminar

Tentu saja, biaya sewa sangat tergantung lokasi dan kondisi kamar/studio/apartemen yang disewakan. Biasanya tingkat harga relatif sama untuk seluruh kota-kota di Belgia, kecuali di Brussel yang relatif agak mahal.

Untuk kontrak kamar dan studio umumnya dilakukan dalam rentang waktu 10 atau 12 bulan. Seluruh perjanjian dan klausul kontrak tertera dalam surat kontrak. Dokumen kontrak biasanya ditulis dengan bahasa Belanda atau Prancis, hanya sebagian kecil yang berbahasa Inggris. Disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak kampus sebelum menandatangani surat kontrak. Sewa apartement biasanya minimal untuk periode tiga tahun dengan uang muka sebesar nilai sewa selama dua bulan. Jika pihak penyewa memutuskan untuk meninggalkan apartement tersebut setelah selesai masa kontrak maka uang muka dapat diambil kembali. Jika meninggalkan apartemen setelah satu tahun masa kontrak, maka uang muka tidak akan dikembalikan, namun jika meninggalkan apartemen setelah dua tahun maka uang muka yang yang dikembalikan hanya sejumlah biaya sewa satu bulan. Uang garansi akan dikembalikan sesuai dengan kondisi apartement yg ditinggalkan. Jika kita meninggalkan apartment seperti layaknya sewaktu kita pertama kali masuk, maka seluruh uang garansi akan dikembalikan. Jika terdapat kerusakan di apartement, maka uang tersebut akan digunakan untuk memperbaiki apartement dan sisanya akan dikembalikan. Biasanya biaya kontrak tidak mencakup biaya internet, biaya pemeliharaan bangunan, asuransi (kebakaran), tagihan pemanas, air dan listrik. Besarnya biaya ini sangat tergantung pada pemakaian.

Makanan

Toko-toko untuk kebutuhan sehari-hari buka dari pukul 10.00-18.00 petang. Selain itu terdapat toko malam (Nacht winkel) walaupun jumlahnya tidak banyak dan buka dari pukul 18.00-10.00. Toko malam menjual barang-barang dengan harga yang relatif lebih mahal dari biasanya. Pada hari Minggu hampir semua toko tutup, kecuali supermarket express, seperti express carrefour yang tutup pada hari Sabtu dan buka pada hari Minggu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berbelanja di supermarket pada hari biasa demi mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah.

Makanan pokok orang Belgia adalah roti dan kentang goreng (frietjes). Namun mereka tidak melulu makan makanan tersebut. Makanan-makanan internasional yang dijual di restoran-restoran juga banyak dan bervariasi. Dibandingkan dengan di Belanda, toko-toko yang menjual masakan atau bahan makanan Indonesia di Belgia relatif sedikit. Letaknya juga hanya di beberapa kota-kota besar saja. Namun demikian, bahan makanan khas Indonesia dapat diperoleh di toko-toko Asia. Di masing-masing kota sangat mungkin kita menemukan toko atau restoran yang menyediakan makanan halal bagi penganut Islam. Mereka umumnya adalah pedagang yang berasal dari Turki, Maroko, atau Pakistan/Bangladesh.

Wuih, ini mah nyanyi bareng artis :D

Wuih, ini mah nyanyi bareng artis :D

Kantin Universitas

Kantin universitas disubsidi oleh kampus dan hanya diperuntukkan bagi staf/mahasiswa. Kantin ini biasanya terletak di kawasan kampus. Untuk mendapatkan pengurangan harga, cukup dengan menunjukkan kartu mahasiswa. Mereka menjual menu yang cukup bervariasi, tersedia juga nasi, sup, salad seperti menu di Indonesia pada umumnya. Menu sehari-hari dapat dicek di website kantin kampus tersebut. Jam makan siang di Belgia biasanya 12.00-13.00 waktu setempat. Biasanya kantin buka setiap hari kecuali akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas Olahraga

Setiap mahasiswa dituntut untuk dapat menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan olahraga sesuai pilihannya. Fasilitas olahraga yang tersedia antara lain: lapangan basket, futsal, tenis, badminton, renang, dan lain-lain. Mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan salah satu cabang olahraga, dapat mendaftarkan diri pada klub-klub olahraga di kampus yang umumnya memiliki pelatih. Namun demikian, kita juga dapat menikmati fasilitas olah raga tanpa menjadi anggota klub. Selain dari kampus, terdapat juga fasilitas olah raga dari kota (stad). Untuk menggunakan fasilitas olahraga, anda harus mendaftar terlebih dahulu atau dengan sistem sewa setiap pakai.

Transportasi

Transportasi umum yang ada tergantung kota. Di kota-kota kecil umumnya terdapat bus, kereta api dan taksi. Sedangkan di kota-kota besar terdapat  juga metro dan tram. Tranportasi menggunakan pesawat untuk rute dalam negeri tidak ada, mengingat Belgia merupakan negara kecil. Namun demikian, terdapat beberapa maskapai penerbangan Internasional yang memiliki rute penerbangan dari Indonesia menuju Belgia, setelah transit ditempat lain terlebih dahulu.

Harga tiket untuk transportasi umum sangat beragam. Jika membeli di atas kendaraan harganya jadi berlipat-lipat di bandingkan membeli di loket atau di supermarket yang menjual tiket. Untuk transportasi dalam kota, khususnya kota kecil seperti Leuven, KUL menyediakan tiket bus tahunan gratis khusus di dalam kota.Di UHasselt, transportasi juga gratis dari kota ke kampus untuk mahasiswa, dan dalam kota Hasselt  transportasi gratis untuk semua orang. Untuk mahasiswa yang mobilitasnya tinggi, disarankan berlangganan kartu bus. Anda juga dapat menikmati diskon sebesar 50% jika menggunakan kereta api di akhir pekan. Beberapa mahasiswa Indonesia dengan pendapatan/beasiswa di bawah jumlah tertentu dapat memperoleh kartu discount (WIGW) dari perusahaan asuransi. Dengan menggunakan kartu ini, pemilik mendapatkan discount tiket kereta 40-50%. Pemilik juga dapat membeli tiket terusan bus, tram atau metro seharga €30 untuk semua tujuan (dalam flanders) selama setahun.

Untuk perjalanan jarak dekat, sebagian masyarakat dan mahasiswa menggunakan sepeda. Sepeda merupakan sarana transportasi yang efektif dan murah serta aman. Sepeda dapat diperoleh baik dengan membeli yang baru atau yang bekas. Dapat juga diperoleh dengan menyewa di penyewaan sepeda yang biasanya disediakan oleh pihak universitas.

Bagi yang memerlukan mobil, dapat juga membeli dengan harga yang kompetitif. Namun perlu juga dipertimbangkan biaya asuransi dan pemeliharaan lainnya. KBRI di Belgia telah mengadakan surat perjanjian agar (Surat Izin Mengemudi) Indonesia dapat digunakan di Belgia, dengan diterjemahkan terlebih dahulu oleh penerjemah tersumpah dari bahasa Indonesia ke bahasa Belanda. Salah satu penerjemah tersumpah yang ada di Belgia dapat dilihat pada link berikut [[i]].

Kehidupan sehari-hari

Seperti umumnya mahasiswa di Belgia, hubungan antar mahasiswa di kampus didasarkan atas kepentingannya. Biasanya di setiap universitas atau kota terdapat Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Hubungan mahasiswa Indonesia dengan masyarakat dan mahasiswa lokal juga terjalin dengan erat. Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan kemahasiswaan, tidak jarang PPI Belgia berkolaborasi dengan perhimpunan pelajar negara lain.

Masyarakat Belgia dan umumnya masyarakat Eropa Barat terkenal tepat waktu. Mereka juga terbiasa membuat perencanaan yang baik tentang kegiatan sehari-harinya. Jadi membuat dan menepati janji sangat penting untuk berinteraksi dengan mereka.

Studi dengan membawa keluarga di Belgia sangat dianjurkan oleh kampus atau pemerintah. Pemegang visa pelajar dapat mengajukan visa membawa keluarga. Biasanya asuransi untuk istri dan anak sudah tercakup oleh asuransi suami. Demikian pula sebaliknya. Akan tetapi, pengurusan visa keluarga harus melalui prosedur yang cukup mendetail (lihat bab 3).

Di Belgia, memiliki anak sangat dianjurkan, karena pertumbuhan penduduknya sangat rendah. Ketika melahirkan, biasanya diberikan hadiah (uang bantuan persalinan) dari pemerintah sebesar €1000 (untuk anak pertama). Setiap anak juga mendapatkan tunjangan  bulanan yang besarnya bervariasi. Bahkan untuk keluarga dengan empat anak, orang tuanya dibebaskan dari kewajiban membayar pajak.

Paling sering mah jalan-jalan :D

Paling sering mah jalan-jalan :D

Kerja paruh waktu

Pemerintah Belgia memperbolehkan mahasiswa asing untuk bekerja paruh waktu. Namun demikian, mahasiswa yang bekerja harus mendapatkan izin kerja paruh waktu di kantor walikota setempat dan juga Vlaamse Dienst voor Beroepsopleiding en Arbeidsbemiddeling (VDAB). Kerja paruh waktu dibatasi maksimal 20 jam per minggu. Besarnya upah pada kisaran €10-12/jam. Biasanya masih harus dipotong pajak.

Pekerjaan dapat dilakukan di kantor pemerintah, industri, restoran maupun rumah tangga. Informasi tentang pekerjaan dapat diperoleh di kantor walikota, VDAB,  website universitas maupun di biro-biro pekerjaan yang tersebar di jalan-jalan utama kota. Kendala yang harus dihadapi adalah faktor bahasa, mengingat Belgia memiliki 3 bahasa nasional (bahasa Belanda, Perancis, dan Jerman). Beda halnya dengan di Australia dan UK, untuk istri/suami dari menyusul dengan menggunakan visa reuni keluarga, tidak diperbolehkan untuk bekerja (secara legal). Pada waktu liburan musim panas, jumlah jam kerja tidak dibatasi dan juga tidak memerlukan izin kerja. Mahasiswa dapat bekerja di pabrik, restoran atau di perkebunan untuk memetik buah.

Liburan

Liburan mahasiswa di Belgia biasanya jatuh pada bulan Juli-Agustus. Meskipun tidak serentak, namun pada umumnya dua bulan itu dimanfaatkan para mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan non-kampus secara optimal. Sebagian mahasiswa menggunakan waktu liburan untuk pulang kampung menengok keluarga dan institusi asalnya. Terdapat juga mahasiswa yang menggunakan waktu liburannya untuk mencari tambahan uang saku dengan cara bekerja.

Tuh kan jalan-jalan lagi, entah fotoan ama siapa nih :)

Tuh kan jalan-jalan lagi, entah fotoan ama siapa nih :)

Hal yang menarik lainnya adalah kegiatan budaya. Pada bulan Agustus biasanya KBRI sangat sarat dengan aktivitas peringatan HUT RI baik untuk kalangan masyarakat maupun diplomatik. Para mahasiswa dapat berpartisipasi baik sebagai panitia, peserta atau pengisi kegiatan. Pertandingan olahraga menjadi jenis kegiatan yang paling ramai. Pentas seni biasanya dilakukan pada tanggal 17 Agustus atau pada hari lain sebagai acara puncak.

Banyak mahasiswa menghabiskan waktu liburannya untuk istirahat dan jalan-jalan. Karena Belgia berada di pusat eropa, perjalanan ke negara tetangga hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Tidak sedikit dari mahasiswa yang sengaja datang belajar ke Belgia dengan motivasi tambahan untuk jalan-jalan keliling Eropa. Mereka menggunakan waktu libur untuk berkelana berkeliling Eropa baik sendiri-sendiri maupun berkelompok.

Komunikasi

Tarif lintas operator di Belgia cukup mahal, jadi bagi yang tingkat penggunaan telepon-nya tinggi disarankan menggunakan operator sejenis untuk menekan harga. Tanyakan kepada mahasiswa atau masyarakat Indonesia di lingkungan belajar tentang operator telepon yang terbaik digunakan. Sebagian operator tidak dapat mengirimkan SMS ke operator tertentu di Indonesia. Sebagai contoh, Proximus tidak dapat mengirimkan SMS ke XL. Selain itu, penggunaan sambungan telepon atau pengunaan telepon genggam untuk melakukan panggilan internasional sangat mahal. Untuk menyiasatinya, komunikasi dengan keluarga di Indonesia dapat dilakukan dengan menggunakan kartu telepon, atau menggunakan aplikasi-aplikasi internet seperti Skype, Voip, Yahoo Messenger dan lain-lain.

Komunitas Indonesia di Belgia

Meskipun populasi masyarakat dan pelajar Indonesia di Belgia tidak banyak. Terdapat beberapa organisasi/komunitas seperti PPI, Masyarakat Kristen Indonesia (MKI), Persatuan Katolik Indonesia (Perki), Keluarga Pengajian Muslim Indonesia (KPMI), pengajian kota dan lain-lain. Komunitas-komunitas semacam ini cukup banyak di Belgia.

Lain-lain

Sebelum kuliah ke Beliga, sangat disarankan untuk dapat mencari informasi yang lengkap ke berbagai sumber seperti alumni, milis PPI Belgia, situs KBRI, dan lain-lain. Intinya carilah informasi sebanyak-banyaknya agar lebih siap menjalani kuliah di luar negeri. Selain itu, perlu melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari mahasiswa Indonesia yang sudah ada di kota yang dituju atau di kota lain. Dengan demikian, ketika memulai studi, mahasiswa tersebut dapat memberikan orientasi mengenai situasi dan kondisi belajar maupun kehidupan sehari-hari.

Sambil juga belajar menari

Sambil juga belajar menari

KBRI Brussel

Setiba di Belgia, mahasiswa harus melaporkan diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brussel, mengisi formulir yang telah disediakan, menunjukkan paspor serta menyerahkan pas foto berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak 2 buah. Begitu juga ketika kembali ke Indonesia, baik untuk tujuan liburan atau kembali secara definitif, mahasiswa disarankan untuk melapor.

Kegiatan pelaporan memang tidak wajib namun sangat disarankan. Hal ini mengingat bahwa jika terdapat masalah, maka pihak KBRI akan mudah memberikan bantuan. Mekanisme pelaporan ini sebenarnya sangat sederhana, akan tetapi dapat membawa kesulitan dan kerumitan tersendiri apabila diabaikan.

Alamat Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belgia adalah:

Kedutaan Besar Republik Indonesia, Boulevard de La Woluwe 38, 1200, Woluwe St Lambert, T , F +3227728210, website: http://id.embassyofindonesia.eu/

Bekerja di Belgia

Tidak sedikit mahasiswa Indonesia yang belajar ke Belgia bertujuan agar setelah lulus dapat bekerja di Belgia. Namun demikian, perlu diketahui bahwa visa yang diberikan biasanya sangat sempit waktunya dari memulai belajar dan meninggalkan Belgia setelah selesai. Jadi disarankan bagi yang akan melamar kerja untuk melakukannya jauh hari sebelum kelulusan.

Selain itu, mayoritas pekerjaan juga mensyaratkan penguasaan bahasa Belanda/Perancis. Mahasiswa dapat mengambil kursus bahasa selama masa kuliah, jika dirasakan tidak mengganggu aktifitas belajar. Biaya kursus bahasa di Belgia relatif lebih murah (€30-60/level) dibandingkan dengan di Belanda (€400-500/level). Bagi yang kuliah-nya penuh sepanjang hari, kursus dapat dilakukan malam hari atau pada akhir pekan.

Juga berkarya

Juga berkarya

Selanjutnya: Kembali ke daftar isi


[i] http://www.arieasona.be/ (arieasona@gmail.com)

49 Comments

  1. asti said,

    December 12, 2010 at 10:09 pm

    sedikit masukan tentang parttime studentjob:
    foreign student diharuskan memiliki arbeidskart C yang bisa diminta di city hall (tanpa perlu berurusan dengan VDAB), prosesnya biasa memakan waktu 2-4 minggu.
    Dengan ijin kerja itu, kita dibolehkan untuk kerja maksimum 20 jam/minggu, dengan syarat total maksimal 23 hari (tanpa melihat brapa jam dalam sehari) selama tahun ajaran (oktober sampai juni)
    upahnya bervariasi dari 7sampai 12 euro, tergantung macam kerjanya.
    Sedangkan di summer (juli-september) kita boleh kerja tanpa arbeidskart C selama 23 hari.(bisa2 dapat diatas 1500 euro sebulan)
    Jadi, total maksimum 46 hari dalam jangka waktu 12 bulan (kalau maksimum)
    Selama Anda tidak melebihi kuota waktu kerja yang ditentukan, dan selama penghasilan dari part-timejob dalam 1 tahun tidak melebihi 6000euro, Anda tidak perlu membayar pajak penghasilan perorangan.
    Tentunya itu kalau kita kerja secara resmi. kalau kerja parttimenya yang gelap2an, macam babysitter, bebersih rumah, dll….itu beda lagi ceritanya
    Sekian tambahan saya berdasarkan pengalaman 2006-2010

    • M Roil BILAD said,

      December 20, 2010 at 4:18 pm

      Wah yang dipertuan penuh pengalaman Asti Sutanto ikutan share juga. Trims yach :)

  2. alno said,

    January 19, 2011 at 10:39 am

    terima kasih infonya berguna bgt, dan jawaban nya lewat mail saya, btw klo dari belgia ke belanda tepatnya ke amstelveen itu deket nggak ?? krena saya mempunyai rekan di sana , apakah lebih murah sewa aprtemen atau saya ikut saudara saya di amstelveen bulak balik belgia-amstelveen

    • M Roil BILAD said,

      January 19, 2011 at 10:48 am

      Wah Anda bisa cek di peta, saya kurang tahu daerah Amstelveen. Tapi sepengetahuan saya, tiket kereta cukup mahal. Jadi mending sewa kamar, studio atau apartment.

  3. Adi said,

    January 23, 2011 at 10:48 am

    Assalamualaykum,..

    Salam kenal,
    Oh ya, mau tanya mas, dari Lille, France ke Brussel,Belgia transportasi yang efisien (nyaman dan murah) itu naik apa ya? Soalnya kami punya rencana jalan ke Belgia tgl 3 Februari ini..

    Terima kasih..

  4. February 18, 2011 at 1:27 pm

    ass. kak tahun ini Insya Allah saya lulus SMA . Saya memnag sudah niat untuk melanjutkan study ke LN . tapi masalahnya, saya masih bingung dalam menentukan tujuan negara . nah, yang ingin saya tanyakan . apakah di belgia kalau inging kuliah harus membayar uang jaminan seperti di jerman? dan tadi katanya, mahasiswa/i disana banyak yang bekerja sambilan . kalau insa Allah saya jadi kuliah di sana (amin) , apakah harus mengurus visa kerja? atau hanya visa pelajar? soalnya banyak kasus para pelajar di LN yang kerja part time dgn menggunakan visa pelajar, lalu kemudian mereka di deportasi . itu yang saya khawatirkan . sekian dulu , maaf kalau pertanyaan saya merepotkan . trims.

    • M Roil BILAD said,

      February 18, 2011 at 2:25 pm

      Tujuan negara ya tergantung jurusan dan budget. Kalau mau murah sih sebaiknya ke negara Skandinavia, Belgia dan jerman. Di Belgia kalau kita tidak dapat beasiswa harus siapkan uang jaminan juga, kalau tidak salah sekitar 7000€/tahun. Nanti kita akan ambil dari dana itu untuk kebutuhan bulanan. Visanya visa kerja. Mengenai bekerja sambilan bisa diurus setelah sampai disini. Jam kerja pelajar paling banyak adalah 20 jam per minggu. Biasanya tahun pertama harus kursus bahasa dulu. Karena untuk program-program S1 hampir semuanya pakai bahsa Belanda (di KuLeuven).

      Sukses selalu, semoga cita-citanya bisa tercapai.

    • winta said,

      December 4, 2011 at 1:15 am

      Kamu jadi nya kuliah dmana?
      kalo di blgia,ambil univ mana? Siapa tau kita bisa jd teman baik :-)

      • M Roil BILAD said,

        December 20, 2011 at 3:47 pm

        Sudah sy jawab via email kan?

        Di KUL Leuven. Sampai ketemu di leuven deh klo begitu.

  5. June 6, 2011 at 3:11 pm

    ass mbak,saat ini saya sedang mencari beasiswa di belgia, adakah syarat syarat khusus yg di tetapkan oleh pemerintah belgia atau pihak kampus sendiri? biasanya kalau persyaratan lengkap itu mencangkup apa saja? minimal niLAI rapor biasanya berapa? terima kasih :) wass.

    • M Roil BILAD said,

      June 12, 2011 at 4:16 pm

      Saya cowok :p

      Lihat informasi lengkapnya di website penyelenggara beasiswa. Biasanya beda-beda satu lembaga dengan lembaga lainnya.
      Lebih baik lagi ikut milis beasiswa biar bisa tanya langsung ke peraih beasiswa di luar negeri. Cek juga di posting berikut ini: Beasiswa di Belgia.

      Salam hangat,

      Roil

  6. winta said,

    December 4, 2011 at 1:09 am

    Ass,
    slam knal..
    aku bru tamat sma ni,
    jd kan rencana nya mau kulia di belgia,
    ternyata ngurus visa pelajar kesana itu ribet yaa -_-
    yg aku mau tanya,ntar kan wktu kursus bhsa blanda yg ngajar pke bhsa inggris apa bhsa indonesia?
    Thanks :))

    • M Roil BILAD said,

      December 20, 2011 at 3:47 pm

      Biasanya pakai bahasa belanda juga ngajarnya. Cuman sekali-sekali pakai bahasa english juga kalau diperlukan.

  7. eva said,

    December 11, 2011 at 5:49 pm

    Mau tnya dong, aq punya visa foreigner, mau ganti ke visa student bisa ga yahh?? kalo skrng aku balik ke indo trus nnti balik lg cmn 1 bulan di indoo. bisa ga yah??

    • M Roil BILAD said,

      December 20, 2011 at 3:46 pm

      Bisa langsung ganti di negara bersangkutan. Asal sudah ada bukti penerimaan sebagai student.

  8. itjal said,

    January 12, 2012 at 1:37 pm

    Ass Mas Roil,

    Saya mau tanya, kalau di Belgia asuransi kesehatan hanya mengcover 80% saja ya? 20%nya kita keluarin dari uang sendiri?

    Terima kasih

    Salam,

    Faisal

    • M Roil BILAD said,

      May 29, 2012 at 11:41 am

      Iya, lebih kurang segitu. Klo kita masuk OCMW, coveragenya bisa sampai 100%, tergantung kasusnya.

  9. January 21, 2012 at 3:03 pm

    [...] Informasi lebih lanjut tentang studi di Belgia silakan mengunjungi website senior kami Mas Roil di http://roilbilad.wordpress.com/2010/12/11/kehidupan-mahasiswa-indonesia-di-belgia/#more-761 [...]

  10. Asmat said,

    April 5, 2012 at 12:48 pm

    Hi semuanya aq asmat,aq sudah 3 bulan di belgia tapi Boring soalnya aq ga punya teman di sini skrg aq lagi cari teman org indo yg ada di belgia ini nmr hp saya 490411026 tq.

    • M Roil BILAD said,

      May 28, 2012 at 9:50 am

      Ikutan milis PPI Belgia saja. ppibelgian(at)yahoogroups(dot)com. Biasanya rame dimilis itu dan banyak acara kopi daratnya. Semoga bung Asmat segera membunuh rasa kesepiannya melalui bergabungn dengan komunitas pelajar indonesia di Belgia.

  11. Angel Amahoru said,

    May 27, 2012 at 10:08 am

    hallo aku angel. my husband asal belgia. sekarang aku en suamiku tidak lagi bersama di belgia karena studi kedokteranku di russia. suamiku di belgia en
    aku sekarang masih ada di russia aku hidup disini sudah 7 tahun untuk program dokter. en rencananya aku mau lanjut spesialistku di negara suamiku. bagaimana ya untuk pengurusan ijazahku yang merupakan keluaran pemerintah russia? hal-hal apa saja yang harus aku siapkan?

    • M Roil BILAD said,

      May 28, 2012 at 9:44 am

      Hi Angel,

      Saya kuang tahu apa yang kamu tanyakan. Saya sarankan untuk menanyakan hal ini di universitas dimana Angel berencana untuk mengambil program spesialis tersebut. Saya takut salah kalau memberikan informasi yang saya sendiri tidak yakin kebenarannya.

      Salam,

      Roil

  12. Boni said,

    May 29, 2012 at 11:28 am

    Dear mas Roil,
    Perkenalkan saya Boni, kita satu almamater ITB juga saya dari Arsitektur. Kalau boleh saya ingin ngobrol banyak. Saya diterima di Antwerp University Master of Finance. Saya diminta membuat surat pernyataan utk kembali stlh studi sementara saya ingin bekerja disana. Apakah memang harus begitu?
    Thx before

    Bertoni

    • M Roil BILAD said,

      May 29, 2012 at 11:38 am

      Halo Boni, salam kenal.

      Biasanya aturan itu tidak terlalu ketat diterapkan dan dapat ditoleransi.

      Salam,

      Roil

  13. Lidya said,

    June 20, 2012 at 9:21 am

    halo, mau tanya… apa di belgia ada mahasiswa yg tinggal bersama dgn guardian parents? dimana ya saya bs menemukan lists ttg legal guardian parents seperti itu? thanks sebelumnya :)

  14. machruz said,

    August 31, 2012 at 3:13 pm

    Assalamualaikum, saya insya ALLAH mau studi di ITMMA -UNIVERSITY OF ANTWERP, apsksh biaya hidup d antwerp jg sama? Btw brp biaya kost d antwerp? Oh ya, apakah PPI jg ada d antwerp?

  15. ergy adhitama said,

    September 22, 2012 at 2:41 pm

    salam kenal. saya berencana untuk melanjutkan studi master saya di LN. dan Belgia (Antwerp) menjadi salah satu alternatif saya. Apakah bisa saya survive hidup dan studi di sana hanya dengan bermodal bahasa inggris?

    Terima Kasih

  16. hana said,

    September 29, 2012 at 2:36 pm

    kak, gmna sih cranya bisa kuliah di belgium gitu?
    trus kakak kuliah s1 atau s2?

  17. Undun said,

    October 2, 2012 at 5:44 am

    info yang menarik…
    mw nyusul ke belgia ah, holiday hee….

  18. Insan Nugraha said,

    October 25, 2012 at 6:16 pm

    Mas, perkenalkan saya Insan. Saya tertarik untuk lanjut PhD ke Belgia, tepatnya ke UGhent. Beberapa hari lalu saya mengontak salah seorang Prof di UGhent tentang ketertarikan saya bergabung ke grupnya dg jalur erasmus mundus. Eh Prof itu malah bilang kalo Emundus itu diumuminnya paling sekitar Juni taun depan. (jadi cerita nih) hehe.. Eh Prof itu pengen saya Januari taun depan dah mulai dg beasiswa dari lab dulu tapi apply emundus jg. Kalo emundusnya dapet, selanjutnya saya dibayarin dari emundus. kalo ga dapet emundus dan kinerja saya bagus, saya akan tetep didanai dari lab.

    Besar dana yang saya akan dapat tentunya hal yg penting. biar tau rencana ke depan gimana. Sebenernya saya mau tanya langsung ke beliau, tapi takutnya Mas tau umumnya berapa ya dana yg diperoleh PhD student kalo dapat dari lab atau project secara umum di Belgia? Oya apa secara umum travel allowance (air ticket) itu ditanggung mereka juga apa ga ya?

    Trus, kriteria kinerja bagus itu disana seperti apa ya? Lebih spesifiknya, kira2 culture research orang sana itu secara umum gimana ya?

    Terima kasih banyak Mas, mohon maaf kebanyakan. :)

    • M Roil BILAD said,

      December 5, 2012 at 9:17 am

      Saya sudah jawab via japri kan?

      Buat yang lain:
      Tanya langsung saja, gpp biasa kok di sini.
      Tiket biasanya ga termasuk, tapi kadang di cover juga tergantung kontrak.
      Bagus itu minimal 1 jurnal per tahun.
      Kulturenya harus dirasain, susah diceritakan.

      Sama-sama

  19. November 13, 2012 at 7:06 pm

    kalau kita yang mau ambil kursus bahasa di Belgia aja gmana caranya ? apa aja syaratnya ? trus Visa apa yang harus urus.. Visa turis apa Visa student,
    mohon infonya,

  20. November 22, 2012 at 1:01 am

    mau tanya informasi tentang kursus di Belgia, nama kursusnya, tempatnya ? rencananya saya mau kursus bahasa di sana ?

  21. Erin said,

    February 11, 2013 at 2:59 am

    Hi. Aku Erin..Guru Bahasa Inggris
    Aku sngt tertarik study S2 di belgia dgn mdapatkan scholarship..tp yg di tawarkan ga ada teaching n education field..apa chance dalam teaching field ga ada di belgia..aku tertarik study di Ghent city..

    Aku butuh banget info x..Dank u :-)

    • M Roil BILAD said,

      August 23, 2013 at 11:00 am

      Semua yang saya tahu sudah saya tulis.
      Nanti sy akan update kalau ada informasi baru.

  22. khan said,

    April 25, 2013 at 8:05 pm

    salam mas saya daari ppi india, sekarang saya baru saja tamat s1 di india mou lanjut s2 di belgia jurusan ekonomi, kira kira kapan mas/mba buka pendaftaran di sana, apakah bisa daftar uga lewat online dan berapa usd biaya hidup disana.thanks

    • M Roil BILAD said,

      August 23, 2013 at 10:56 am

      Klo di KUL pendaftaran dibuka dari bulan desember, untuk masuk September tahun berikutnya. Biaya hidup variatif sih, tapi klo wajar, sewa tempat tinggal (300-1000€), makan 50-75€/minggu.

  23. Arie said,

    June 7, 2013 at 12:36 am

    Mas, kalau memperoleh beasiswa untuk kuliah di Belgia apakah anak dan istri bisa langsung diajak atau harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu?

    • M Roil BILAD said,

      August 23, 2013 at 10:53 am

      Yang paling umum datang dulu, anak istri nyusul. Ada beberapa orang yang bisa dateng barengan tapi sangat berisiko. Jadi saya sarankan datang dulu, keluarga nyusul belakangan.

  24. Lucky said,

    July 30, 2013 at 10:46 am

    Kenalkan saya Lucky saya mendapatkan beasiswa advance master micro finance dari CUD di Universite Libre Brussel, yang saya mau tanyakan apakah beasiswa CUD ini cukup worthed utk bisa mencukupi hidup dan belajar disana serta apakah universitas tersebut memiliki reputasi pendidikan dan mahasiswanya welcone dgn mahasiswa dari asia, terima kasih sebelum dan sesudahnya

    • M Roil BILAD said,

      August 23, 2013 at 10:50 am

      Insyaalloh cukup. Sy kurang tahu mengenai welcome atau tidaknya karena CUD kan di daerah walonia sedangkan saya di flanders.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: