Antisipasi Mendesak dan Langkah-langkah Strategis Untuk Membantu Petani tembakau Virginia Lombok

Mengingat keterbatasan waktu 4 bulan lagi petani tembakau sudah mulai melakukan panen pertama. Pada bulan juni 2009 kebutuhan bahan bakar untuk pengovenan tembakau sudah harus tersedia, baik itu Elpiji, Minyak tanah, atau batu bara, menurut konversi yang telah dilakukan. Namun demikian mengingat pemerintah pusat telah memutuskan untuk menghentikan subsidi minyak tanah untuk petani tembakau mulai Januauari 2009,  maka untuk mengantisipasi hal tersebut berikut penulis paparkan beberapa langkah mendesak dan strategis yang perlu dilakukan.

Pengompongan tembakau virginia

Pengompongan tembakau virginia

Perencanaan pembiayaan sesuai dengan arahan wapres harus segera direalisasikan. Dengan demikian kegiatan konversi oven tembakau mulai dilaksanakan dan sebagian kebutuhan minyak tanah dapat dikurangi. Selain itu komitmen perbankan untuk memberikan kredit modifikasi oven tembakau melalui skema kredit usaha rakyat (KUR) harus ditindak lanjuti secepatnya. Untuk diketahui bahwa alokasi KUR pada tahun 2009 untuk pemerintah lombok timur adalah Rp. 19 Milyar dan lombok tengah Rp. 14 Milyar.   Selain itu perlu diperhitungkan sejak dini mengenai pasokan bahan bakar yang diperlukan petani tembakau sehingga kelangkaan bahan bakar tidak perlu terjadi lagi. Untuk oven yang telah dimodifikasi, kebutuhan pasokan batu bara harus diperhitungkan dan dipenuhi, demikian juga untuk yang belum dimodifikasi. Untuk menghindari perambaan hutan sebagai kayu bakar pengovenan, pemprov harus segera melobi dan memastikan ketersediaan BBMT bersubsidi sesuai dengan kebutuhan.  Isu lain yang sangat strategis dan mendesak untuk dilakukan adalah memperjuangkan dana bagi hasil cukai tembakau. Sebagai penyedia mayoritas kebutuhan tembakau nasional, sudah selayaknya petani tembakau mendapatkan dana bagi hasil cukai tembakau. Selama ini bagi hasil cuka tembakau hanya diberikan pada daerah domisili pabrik rokok. Sampai saat ini, masyarakat Lombok tidak pernah sama sekali mendapatkan bagi hasil cukai rokok. Padahal, untuk pengembangan tembakau nasional sampai tahun 2020, pemerintah menempatkan provinsi NTB khusus sebagai penyokong tembakau Virginia.

Pengembangan pertanian tembakau berpotensi menyerap tenaga kerja. NTB memiliki potensi besar karena dari 60 ribu hektar lahan, baru bisa dimanfaatkan 20 ribu hektar. Dukungan cukai akan mampu menstimulasi peningkatan minat budidaya tembakau dan  mampu turut membuka lapangan kerja.  Saat ini kebutuhan tembakau Virginia nasional sebagai bahan baku pabrik rokok mencapai 100 ribu ton per tahun. Tujuh puluh persen diantaranya dipenuhi oleh petani tembakau nasional dan sisanya di import dari China dan Zimbabue. NTB menyuplai 40 ribu ton dari kebutuhan nasional. Jika diperhitungkan dari bagi hasil cukai rokok 2% dari pendapatan cukai pemerintah, maka potensi bagi hasil cukai rokok untuk masyarakat NTB mencapai 50-60 milyar rupiah per tahun. Dana tersebut dapat dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan buruh tani tembakau minimal sebagai kompensasi atas dampak konversi bahan bakar untuk pengovenan tembakau.  Selain langkah-langkah taktis yang sifatnya jangka pendek diatas, langkah strategis yang menyangkut solusi jangka panjang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan teknik pengovenan tembakau hemat energi dengan kualitas/grade krosok yang tinggi. Berdasarkan evaluasi teknologi yang di buat pada bagian 4 bisa didapatkan rekomendasi untuk mengembangkan teknologi pengovenan yang hemat energy dengan kualitas output yang tinggi.

Informasi lebih lengkap dan terstruktur mengenai Tembakau Virginia dapat dilihat pada link berikut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: