Peluang dan Potensi Agrobisnis Tembakau Virginia

Saat ini agrobisnis penanaman dan pengovenan tembakau merupakan salah satu komoditi primadona bisnis pertanian di lombok. Kondisi iklim dan tanah lombok sangat bagus dan memenuhi syarat untuk penanaman tembakau virginia. Tembakau virginia cock tumbuh pada tanah vulkanik dengan ketinggian 300-600 meter. Saat ini setidaknya lahan penananaman tembakau sudah mencapai lebih dari 20 ribu hektar dan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Tembakau virginia lombok

Tembakau virginia lombok

Driving force utama dari migrasi komoditi ke tembakau adalah karena potensi keuntungannya rata-rata lebih besar jika dibandingkan komoditi lain. Sebagai contoh untuk satu hektar lahan yang ditanami padi, keuntungan rata-rata yang dapat sampai 4 juta rupiah jika hasil panen bagus dan harga gabah tinggi. Sedangkan jika menanam tembakau, keuntungan bisa mencapai 10-15 juta rupiah per hektar dengan kebutuhan air yang lebih sedidit selama proses penanaman. Selain itu pola kemitraan petani dan perusahaan rokok yang memberikan pelatihan intensif mengenai teknik penanaman dan pengovenan serta bantuan pinjaman modal juga menjadi pemicu utama.
Pola tanam yang diterapkan oleh petani tembakau dilakukan hanya sekali dalam setahun. Untuk mempertahankan kualitas hara tanah, harus dilakukan rotasi tanaman. Pada umumnya tembakau ditanam pada bulan April-Juli, dilanjutkan dengan palawija seperti jagung dan kedelai pada bulan Juli-September. Pada bulan Oktober-November lahan diistirahatkan dan kemudian ditanami pada bulan Desember-Maret ketika musim hujan baru dimulai. Pola tanam ini sangat sesuai mengingat pada umumnya air hanya tersedia cukup untuk tanaman padi pada awal musim hujan. Setelah itu hujansudah berkurang sehingga lebih cocok untuk ditanami tembakau yang memerlukan lebih sedikit air.
Saat ini terdapat 15 perusahaan rokok baik dalam dan luar negeri yang telah melakukan kemitraan dengan petani tembakau di lombok. Sejak tahun 1968-1969 PT British American Tobacco Indonesia Tbk (BAT) dan PT Faroka sudah mulai melakukan budidaya tembakau di Lombok. Selanjutnya diikuti oleh perusahaan rokok lainnya seperti PT HM Sampoerna melalui PT Sadhana Arifnusa dan PT Djarum mengkuti langkah BAT dan Faroka, dan perusahaan rokok lainnya.
Secara teknis perusahaan rokok melakukan kerjasama kemitraan dengan petani. Hal ini bertujuan untuk menjamin pasokan tembakau dan menjaga kualitas tembakau. Sebagai bagian dari klausul kerjasama, perusahan rokok melakukan pembinaan mengenai teknik budi daya dan pasca panen tembakau (pengovenan) dan memberikan pinjaman modal bada saat mulainya musim tanam. Petani akan mengembalikan pinjaman modal itu dari sebagian  hasil penjualan tembakaunya ke perusaaan mitranya. Dalam klausul kontrak, petani juga diwajibkan menjual seluruh hasil produksi tembakau kepada perusahaan mitranya. Keterlibatan perusahaan rokok untuk melakukan pembinaan mengenai teknik budi daya dan pengovenan dapat mendongkak kualitas tembakau yang dihasilkan. Perusahaan memiliki karyawan terdidik, terlatih dan berpengalaman untuk senantiasa mendampingi dan membina petani tembakau. Selain kualitas produksi, kuantitas produksi juga meningkat drastis, pada tahun 90-an produksi hanya 1 ton per hektar dan saat ini bisa mencapai 2,5-3 ton/hektar. Perusahaan mitra juga menjamin pembelian seluruh produksi tembakau meskipun dengan kualitas paling buruk sekalipun.
Rata-rata biaya produksi tembakau di lombok mencapai 16 juta rupiah per hektar. Biaya ini digunakan untuk sewa lahan, biaya pupuk, benih dan pestisida, pengovenan dan modal kerja. Untuk pengovenan tembakau, petani membuat oven dengan biaya sekitar 11 juta dan biasanya mendapatkan subsidi 20% dari perusahaan mitra. Untuk kebutuhan bahan bakar pengovenan, perusahaan mitra biasanya memberikan jatah petani binaan sekitar 20 drum (600 liter) minyak tanah dari 30 drum hingga 40 drum kebutuhan setiap panen. Harga terendah tembakau virginia di Lombok berkisar Rp9.000 per kilogram dan tertinggi sekitar Rp 25.000 per kilogram. Hal ini tergantung dari tingkat kualitas tembakau (grade). Sekarang ini lembaran tembakau virginia yang berwarna kuning kehijauan (lime) lebih diminati dan berkualitas tinggi.
Informasi lebih lengkap dan terstruktur mengenai Tembakau Virginia dapat dilihat pada link berikut.

7 Comments

  1. sambalia said,

    January 22, 2011 at 2:16 am

    Bang, saya salut dengan informasinya…
    Saya mahasiswa Fakultas Pertanian UNRAM jurusan SOSEK. ingin informasinya lebih lanjut tentang tembakau Virginia, ini menyangkut penelitian saya tentang Respon Petani akibat kegiatan konversi bahan bakar oven tembakau Virginia dari minyak tanah ke batu bara.
    terima kasih sebelumnya…🙂

    • M Roil BILAD said,

      January 23, 2011 at 5:50 pm

      Saya buat list tulisan mengenai tembakau virginia disini: Tembakau virginia
      Saya masih belum sempat menulis lagi dik. Saya doakan penelitiannya sukses, dan mudah-mudahan bisa sharing nanti dengan saya.

  2. iyan ruhyana said,

    April 8, 2011 at 2:44 am

    Bagaimana Penggunaan Bionta BSA pada tembakau virginia di Lombok. seru

  3. Sambalia said,

    April 22, 2011 at 11:16 am

    terimakasih bang… saya sudah melakukan penelitian pada bulan Maret 2011 kemarin… dan hasil penelitian saya adalah Respon petani pada kegiatan konversi bahan bakar minyak tanah menjadi batubara adalah NEGATIF….
    ternyata petani tembakau dilombok menilai bahan bakar Minyak tanah lebih baik dari pada bahan bakar batubara….

    • M Roil BILAD said,

      April 22, 2011 at 11:29 am

      Bisa share dokumen hasil penelitiannya. Mungkin bisa dikirim via email. Terima kasih atas komentarnya yach🙂

  4. rozy said,

    December 30, 2012 at 3:23 am

    salam kenal min saya mahasiswa yang ingin meneliti tentang serangga predator tanaman tembakau lombok,mohon bantuan dan sarannya mengenai tanaman tembakau di lombok thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: