Taylor Swift, Bibit Unggul yang Tumbuh di Landang yang Subur

Di sela-sela waktu dari bangun tidur hingga berangkat ke kampus, hampir setiap pagi kami memutar channel TMF, channel TV khusus musik yang sepertinya jauh lebih populer dari MTV di negaranya Herman Van Rompuy, tempat saya dan keluarga menuntut ilmu. Salah satu yang menarik perhatian adalah sebuah lagu yang dinyanyikan gadis belia dengan judul “Love Story“.

Pada awalnya, tidak sempat saya perhatikan siapa nama penyanyinya, sampai akhirnya Google memberi jawaban. Namun video klip dari lagu ini, cukup mengundang tanya. Diantara sekian banyak top hits ketika itu hampir semua mengumbar kemolekan tubuh kaum hawa yang berlenggak lenggok sepanjang lagu dinyanyikan. Namun lagu ini jelas menunjukkan perbedaan, ditampilkan dengan nuansa yang unik dan berbeda sehingga otak tumpulku ini, mampu menyimpulkan sinapsis baru untuk mengingatnya. Setidaknya untuk mencari informasi lebih jauh.

Akhirnya sampai juga pada kesempatan untuk mengetikkan “Taylor Swift” di wikipedia. Enslikopedia gratisan yang didirikan dari ide cemerlang dan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Saya sangat yakin bahwa ini masih menjadi sumber informasi yang handal dan paling up to date serta paling banyak digunakan di zaman informasi sekarang ini. Cukup lama saya menahan nafas panjang melihat sederetan prestasi Ms. Swift. Sungguh benar apa yang selama ini tersembunyi dalam benak saya. Dara belia kelahiran 13 Desember 1989 ini memang menyimpan pesona yang berbeda

Dia adalah pencipta lagu, penyanyi, pemain film, pemain drama dan sekian banyak lagi deretan art laninya yang membuat dia sangat layak menyandang gelar artist. Prestasi terakhirnya adalah ketika dia mengeluarkan albumnya yang diberi julul “fearless” yang memenangkan Grammy Award sebagai album terbaik di tahun 2010. Deretan prestasi dan sekian banyak rekor terutama dibidang musik sungguh akan memenuhi keseluruhan tulisan ini. Bagi pembaca yang ingin tahu lebih banyak, silahkan meluncur menuju link ini.

Artis super berbakat dengan deretan prestasi segudang mungkin dengan mudah kita bisa saksikan. Namun hanya sebagain kecil yang memiliki personalitas yang mengagumkan dan inspiratif bagi fans-fans nya. Bagi saya, Ms. Swift merupakan satu diantara yang sedikit itu. Prestasinya yang cemerlang di dunia entertainment diimbangi dengan kontribusi luar biasanya dibidang sosial da kemanusiaan. Sebut saja aktifitasnya dalam kampanye perlindungan anak dari pemburu-pemburu online dan kekerasan seksual melalui media internet dengan menyebarkan informasi mengenai cara berinternet yang aman kepada anak-anak dan orang tua. Swift, menyumbangkan mobil pribadinya dan seluruh pendapatan yang dihasilkannya dari penjualan merchandise nya pada tahun 2008 ke palang merah internasional, dan masih banyak sumbangan-sumbangan lainnya melalui berbagai kegiatan. Salah satu yang mencengangkan, dia menyumbangkan $250.000 kepada sekolah-sekolah yang pernah terlibat dengan aktifitas yang dilakukannya persis ketika dia merayakan hari ulang tahunnya. Dan tentu saja masih banyak lagi dan lagi kegiatan sosial lain yang dia lakukan. Tidak salah memang ketika dia menerima anugrah artis vaporite 2009 karena prestasi seninya yang begitu berimbang dengan jiwa dan kontribusi sosialnya.

Swift juga memiliki sense yang menyeluruh mengenai seni. Dia tidak hanya menggubah dan menyanyikan lagu, namun turut juga mendesain panggung konser, konsep pementasan, konsep video klip, bahkan menjahit sendiri baju yang digunakannya. Ini membuat apa yang dipentaskannya dalam seni, begitu hidup dan menggugah pemirsanya. Mungkin sangat senada dengan keyakinannya bahwa baginya semakin personal lagunya, akan semakin menggugah bagi pendengarnya. Bagi saya apa yang telah ditunjukkan dan dicapai oleh Taylor Swift membuat saya tidak ragu untuk menggelarinya bibit unggul yang tumbuh di lahan yang subur. Saat tulisan ini saya tulis, Ms. Swift sudah berusia 20 tahun satu bulan 23 hari. Saya akan melihat dan menunggu sejauh mana lagi puncak kesuksesan akan diraihnya.

Berikut saya link ke salah satu lagu vaporite saya yang di tulis dan dinyanyikan oleh Ms. Swift.  Selamat menikmati!!!

1 Comment

  1. Luthfi said,

    February 5, 2010 at 9:26 am

    ini salah satu penyanyi country cewe paporitku il selain reba. emang manstab orgnya, ga suka ngumbar2 sisi feminin wanita di setiap penampilan (paling ga ampe skrg ini).
    dulu aku pertama kali suka pas single teardrops on my guitar. langsung jatuh cinta deh…
    kalo ko suka lagu country, datanglah ke canada. tiap hari di tipi selalu country yg diputar dan dibicarakan org2.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: