Produksi membran dengan teknik presipitasi terendam

Sebagian besar membran yang diproduksi saat ini dibuat dengan metode inversi fasa melalui teknik presipitasi terendam. Membran inversi fasa dapat dibuat dari berbagai macam polimer. Persyaratannya adalah, polimer tersebut harus dapat larut pada pelarut yang sesuai atau campuran pelarut. Pada dasarnya membran dapat dibuat menjadi dua konfigurasi: datar (lembaran) atau pipa (tubular).

1. Membran lembaran

Skema peralatan yang digunakan untuk pembuatan membran lembaran dapat dilihat pada gambar berikut:

Skema pembuatan membran

Pembuatan membran skala laboratorium

Polimer dilarutkan pada pelarut yang bersesuaian atau campuran pelarut (yang dapat juga mengandung additif). Kekentalan larutan tergantung pada berat molekul dan konsentrasi polimer, jenis pelarut dan aditifnya. Berdasarkan gambar diatas, larutan polimer ditebar dengan bantuan pisau tebar (casting knife) diatas permukaan support (biasanya non-woven) dengan ketebalan 50-500µm. Lapisan tipis tersebut kemudian diupakan (jika diperlukan) lalu direndam dalam bak koagulasi yang berisi nonpelarut sehingga menyebabkan presipitasi polimer dari wujud cair menjadi padat. Air merupakan non pelarut yang paling banyak digunakan, meskipun dapat juga digunakan senyawa organik non polar lainnya seperti metanol.  Parameter yang menentukan sifat membran yang dihasilkan dan aplikasinya antara lain: konsentrasi polimer, waktu penguapan, kelembaban udara, suhu, dan komposisi larutan polimer (aditif). Membran yang dihasilkan dapat digunakan secara langsung atau melalui perlakuan lanjut seperti perlakuan panas atau peningkatan kebasahan (hidrophilicity).

Karena membran bentuk lembaran ini sangat mudah dibuat, maka sering digunakan dalam percobaan skala laboratorium. Proses penebaran dapat dilakukan secara manual, semi-otomatis dan tidak menggunakan support melainkan ditebar diatas pelat kaca.

Pembuatan membran lembaran skala industri 1

Pembuatan membran lembaran skala industri 2

Pembuatan membran lembaran skala industri 3

Proses pembuatan membran lembaran skala industri 4

2. Membran tubular

(Bersambung)

1 Comment

  1. Ketykeket said,

    January 2, 2013 at 4:12 pm

    pak roil, bagaimana teknik pembuatan membran bila polimer nya berbentuk granul ? terima kasih pak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: