VLIR-OUS

VLIR-OUS merupakan program beasiswa jenjang S2 (Master) yang diberikan pada mahasiswa dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia oleh pemerintah Belgia. Beasiswa meliputi seluruh biaya termasuk biaya keberangkatan, libur, kuliah dan biaya hidup. Setiap tahun, diberikan sekitar 180 beasiswa untuk program Master dan 70 beasiswa untuk program training/pelatihan.

Program ini secara khusus ditujukan untuk orang-orang yang mengemban tanggung jawab untuk kemaslahatan masyarakat (Universitas, sekolah, NGO, komunitas daerah, pegawai pemerintah).  Meskipun menargetkan mahasiswa dari negara-negara berkembang, kandidat dari negara lainnya juga tetap dipertimbangkan. Sedangkan program pelatihan dikhususkan untuk peserta dari negara berkembang dengan kualifikasi dan pengalaman khusus (profesional).

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa VRIR-OUS dapat dilihat pada link website berikut.  Website ini memuat seluruh informasi yang Anda perlukan untuk mengajukan lamaran dan persyaratan-persyaratannya.

Jurusan-jurusan yang ditawarkan tahun 2010-2012

Saya juga mendengar bahwa beasiswa VLIR juga ada yang ditujukan untuk jenjang S3. Jika nanti saya mendapatkan informasi lebih lanjut akan saya posting disini.

Selamat mencoba!!!

12 Comments

  1. Tegoeh said,

    January 29, 2011 at 3:10 am

    Roil… nitip pengumuman juga dong…
    Lagi dicari juga mahasiswa PhD untuk riset di bidang mechatronics di Nanyang Technological University, Singapore… berbeasiswa!
    Buat yang tertarik silakan kunjungi dan kontak melalui http://www3.ntu.edu.sg/home/ttegoeh/

  2. sanjaya said,

    September 12, 2011 at 3:26 am

    Mas Roil di Belgia ada kursus b. inggris tidak?untuk memperkuat kemampuan bahasa kita. Saya pernah lihat ada negara eropa yg mempersyaratkn toefl 500. bagaimana kemampuan bahasa orang2 negara2 afrika yg mendapatkan VLIR? saya lihat yg mendapatkan VLIR dominan dari sana.

    • September 12, 2011 at 8:52 am

      Mas Sanjaya,

      Di Belgia ada kursus bahasa english. Ada beragam tergantung tujuannya. Ada yang untuk akademik, ada juga yang hanya untuk daily conversation. Sepanjang yang saya tahu orang-orang afrika yang di sini bahasa englishnya bagus-bagus. Bahkan menurut saya diatas rata-rata orang indonesia. Saya yakin yang terpilih dari sana juga yang terbaik. Kemungkinan lainnya mereka memang dijatah lebih banyak untuk vlir karena mereka punya ikatan emosional lebih. Dulu Belgia menjajah kongo.

      Salam hangat,
      Roil

      • assanjaya said,

        May 23, 2012 at 4:25 pm

        Assalamualaikum,
        Mas Roil saya ingin tanya apakah jika kita melamar vlir uos dapat meminta LoA-nya sementara kita tdk mendapatkan scholarshipnya? saya pelamar vlir uos dalam salah satu program master di Ugent thn ini tetapi hanya diterima dalam status self sponsored. apakah dalam status tersebut kita dapat melamar di tahun berikutnya?
        adakah penyandang dana atau lembaga yang dapat memberikan beasiswa penuh (biaya studi dan biaya hidup) skala luar negri? DIKTI sekarang membatasi usia max 26 thn dalam pengajuan BU Online-nya. saya bukanlah PNS ataupun dosen, saya hanya sebagai guru tdk tetap sehingga sulit rasanya mencari celah. mohon pencerahan, sebelumnya saya ucapkan trimakasih. Wassalam

      • assanjaya said,

        May 23, 2012 at 4:33 pm

        Assalamualaikum,
        Mas Roil saya ingin tanya apakah jika kita melamar vlir uos tetapi hanya dinyatakan diterima di program master dengan status self sponsored dapat meminta LoA-nya?
        saya sedang dalam keadaan demikian. Adakah lembaga atau penyandang dana untuk skala luar negeri yang dapat memberikan beasiswa penuh (biaya studi dan biaya hidup)? DIKTI melalui BU kini membatasi usia max 26 th. saya 28 th, praktis dalam pndaftaran online tak bisa mengajukan. Kemudian apakah pada tahun2 berikutnya saya masih dapat melamar vlir lagi? mohon pencerahan, sebelumnya saya ucapkan trimaksih. Wassalam

      • M Roil BILAD said,

        May 28, 2012 at 9:45 am

        Sorry br jawab. Bukan blognya traoble, time management saya yg sdg payah.

        Sy gak tahu mengenai permintaan loanya. Klo misalkan loanya bersyarat diterima vlir berartimklo ga diterima vlir loanya g berlaku. Loa boasanya meersyaratkan jaminan finansial. Hanya untuk diterima universitas itu sebenarnya mudah.

        Klo memang g ada sumber finansialnya untuk saat ini, saya sarankan Coba lagi vlirnya tahun depan. Setelah pernah punya pengalaman mengajukan kansnya juga bakal lbh baik.

        Kalau g punya sumber finansial yg memadai, mending sabar nunggu beasiswa sekalian meningkatkan kapasitas kita. Saya doakan yg terbaik buat Sanjaya.

  3. misano said,

    April 19, 2012 at 5:47 am

    Ada beasiswa lain selain VLIR kah? untuk jurusan International relations apakah byk di Belgia? saya cari sulit ya…

    Tks.

  4. Kurnia Wahyudi said,

    August 27, 2012 at 12:25 pm

    Terkait pertanyaan “Apakah jika kita melamar vlir uos tetapi hanya dinyatakan diterima di program master dengan status self sponsored dapat meminta LoA-nya?”, saya sendiri demikian statusnya. Saya ambil program Master Statistics: Biostatistics di Hasselt University.

    Pertama saya coba untuk tahun akademik 2011-2012 dan dikatakan statusnya “academically accepted with self-sponsored” dan mendapatkan Letter of Invitation. Setelah kontak dengan ketua prodinya, saya diperbolehkan untuk menunda satu tahun dan dipersilakan untuk mencoba kembali aplikasi beasiswa VLIR-UOS (bahkan berkas tidak perlu selengkap yang pertama). Kemudian saya coba lagi untuk tahun akademik 2012-2013, dengan hasil status yang sama, “academically accepted with self-sponsored” dan akhirnya mencoba Beasiswa LN Dikti 2012 dengan Letter of Invitation tahun akademik 2011-2012. Alhamdulilah, dinyatakan lolos seleksi dan sepertinya Letter of Invitation tersebut sudah dianggap LoA unconditional. Di akhir wawancara, saya diminta untuk melampirkan Letter of Invitation tahun akademik 2012-2013, oleh karena yang sebelumnya dianggap kadaluwarsa. Segera setelah Letter of Invitation tahun akademik 2012-2013 saya terima, saya lampirkan untuk kelengkapan berkas. Insya Allah saya berangkat September ini.

  5. Kurnia Wahyudi said,

    August 29, 2012 at 6:08 am

    terima kasih mas. Insya allah

  6. December 19, 2012 at 4:56 pm

    Mas Roil, mau tanya..

    Untuk beasiswa VLIR apakah termasuk tiket pesawat untuk keluarga penerima beasiswa? Lalu jika pasangan ingin bekerja secara legal di Belgia, apa saja yg perlu dipersiapkan? Berapa kisaran biaya daycare untuk balita disana?

    Terima kasih banyak atas informasinya.


Leave a Reply

