Tahun baru, gairah baru dan pencapaian baru

Dimulai – Leuven 3 Januari 2011

Beberapa hari yang lalu saya termangu menyaksikan indahnya dunia Hawking pada sebuah program mengenai time travel di national geographic. Satu-satunya chanel gratis berbahasa inggris yang tertangkap oleh TV kami. Ternyata ada berbagai cara dimana manusia bisa melompati waktu,  lebih tepatnya melalui dimensi waktu lebih singkat dibandingkan dengan yang lain (lingkungan sekitar) sehingga seolah-olah bisa meluncur menuju masa depan. Meskipun dengan segala keterbatasan teknik, secara teoritis sudah bisa dimodelkan dan sepertinya untuk pengetahuan manusia saat ini mustahil untuk direalisasikan.

Namun sayangnya belum dibahas mengenai bagaimana kita bisa mundur ke masa lalu? Kalaupun ada caranya, sepertinya tidak akan ditemukan dalam waktu dekat. Namun hal tersebut tentu saja tidak membatasi kita untuk mengenang kembali masa-masa lalu, melakukan refleksi dan belajar dari pengalaman-pengalaman lampau.

Tahun 2010 berlalu dengan cukup cepat. Ketika terasa cepat maka biasanya kita melaluinya dengan efektif, alhamdulillah. Dalam hal perkuliahan tahun lalu merupakan masa propagasi dari projek penelitian yang harus saya mulai dari nol. Hampir dua tahun pertama saya harus berjibaku dengan mendesain alat, mengembangkan metode dan ide-ide yang akan ditelaah lebih lanjut. Oleh karena itu, bahkan hingga akhir 2010 belum ada hasil defenitif dari kuliah saya. Namun 2010 saya isi dengan lebih banyak menulis dari pada bereksperimen di lab. Bukan malah sebaliknya seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Alhamdulillah di akhir tahun sudah terlihat hasilnya. Dua paten internasinal telah diajukan ke WIPO, tiga jurnal telah diajukan ke jurnal internasional, dua poster di konferensi internasional dan membimbing penelitian dua mahasiswa master KUL. Satu diantara 3 jurnal sudah dinyatakan diterima, tinggal menunggu publikasi sedangkan sisanya sedang dalam tahap review. Thesis salah seorang mahasiswa master yang saya bimbing berhasil menjadi 3 besar thesis terbaik dibidang lingkunagn di Belgia sedangkan yang berikutnya sedang dalam tahap penyelesaian. Beberapa manuskrip jurnal juga sedang dalam tahap penyelesaian.

Hal utama yang saya pelajari di tahun 2010 adalah bagaimana menulis yang baik. Terutama karena keterbatasan kemampuan berbahasa inggris yang saya miliki. Benar kata orang practice make perfect, best lessons are coming from experience.Setelah berjibaku dengan kesalahan-kesalahan fundamental sampai sampai ke kesalahan-kesalahan memalukan, waktu jualah yang membawanya berlalu. Saya yakin bahwa latihan-latihan yang telah dilalui sudah sedikit memberikan perbaikan.

Tahun 2010 juga dilalui di tiga alamat berbeda, banyak pindahan yang cukup melelahkan. Namun berkat bantuan teman-teman di Leuven semuanya berjalan lancar. Mudah-mudahan alamat sekarang akan menjadi alamat terakhir di Leuven sampai kuliah S3 saya selesai.

Brusselsestraat 326/00.01 (3000)  Leuven-Belgia

Tahun 2011 tentunya diharapkan menjadi tahun yang lebih baik, paling baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Secara profesional sebagai mahasiswa, saya berharap tahun 2011 bisa menujukkan kinerja yang defenitif terutama melalui publikasi di jurnal. Sudah banyak rencana riset di kepala namun tangan dan raga seakan-akan enggan mencapainya. Terlibat dalam terlalu banyak hal saya sadari membuat saya kurang fokus dan kurang mampu menikmati apa yang saya kerjakan. Jadi secara rinci saya mimiliki beberapa resolusi di tahun 2011:

Menikmati pekerjaan sebagai mahasiswa dengan bekerja sebaik-baiknya terutama untuk mempermudah entah karier apa yang akan saya jalani setelah ini.

Menyelesaikan konten blog, terutama yang berhubungan dengan kuliah sekaligus sebagai bentuk kontribusi tulisan di http://www.sasak.org. Buah pena dari blog ini saya niatkan sebagai bentuk kontribusi terhadap mereka yang telah menginvestasikan budinya kepada saya.

Menyelesaikan website MEG dan proyek-proyek yang menyertainya.

Meskipun hanya terinci dalam tiga poin, namun saya sadari bahwa resolusi itu mencakup banyak hal. Jika berhitung mengenai ketersediaan waktu dan tenaga mungkin tidak akan pernah tercapai. Namun demikian, ditahun yang dimulai dengan angka unik ini (1-1-11) saya ingin mendalami apa yang dinamakan “menikmati pekerjaan” dengan pemaknaan yang benar. Target besar dan sulit tentu akan menyulitkan jika terus-menerus kita pandangi jumlah dan kesulitannya. Padahal kuncinya justru bagaimana kita melalui rincian-rincian pekerjaan kecil setiap hari. Jika tahun lalu saya selalu menunda dan menunda pekerjaan, maka sekarang saya akan Belajar untuk menyelesaikan list-list harian tersebut sebaik mungkin setiap hari.

Beberapa hari yang lalu saya menelepon adik bungsu saya di Lombok yang baru kelas 3 Madrasah Ibtidaiyyah. Dia baru saja menerima rapot dan mendapat rangkin 9. Karena masuk sepuluh besar, maka dia minta hadian satu item. Jika semester depan masuk lima besar dia menuntut hadia 2 item; dan jika juara kelas dia minta tiga item atau PSP. Saya orang yang memotivasi dengan cara yang agak berbeda, motivasi dengan kesinisan. “Alah, baru rangking sembilan saja sudah menghayal rangking satu” kicauku seadanya. Lalu serta merta dia berkomentar “weeee…….. ga boleh begitu, masak belom nyoba udah dibilangin gak bisa”. Lalu aku diam saja, menandakan setuju. Adik bungsuku yang 9 tahun ternyata justru sering menularkan hikmah kebijaksanaan kepadaku. Lalu berbekal nasihat adikku, maka dalam menghadapi resolusi tahun 2011, patut kiranya saya berazzam “Insyaalloh saya bisa, dengan ikhtiar sesempurna mungkin.”

Seorang teman dan guru saya pernah bilang tentang makna basmalah dan hamdalah untuk membuka dan menutup pekerjaan. Dengan nama Tuhan semesta alam aku memulai pekerjaan ini dengan niat dan cara yang baik untuk kuakhiri dengan hasil terbaik pula.

 

Diakhiri – Leuven  5 Januari 2011

Leave a Reply

