Tentang Penulis

Saya, Muhammad Roil Bilad, nama yang diberikan oleh orang tua saya yang juga merupakan do’a yang tak kunjung usai seumur hidup. Saya dilahirkan pada dua versi tanggal yang berbeda. Menurut dokumen resmi, tanggal 5 Desember 1982. Namun menurut versi lainnya, saya lahir tanggal 5 Maret 1982. Saya masih sangat jelas mengingat tulisan dari kapur di tembok bata di salah satu kamar di rumah kakek saya dimana dituliskan tanggal lahir saya versi yang kedua. Sampai saat ini, saya kurang yakin yang mana yang benar dari keduanya. Tapi hati kecil saya menginginkan yang pertama, entah kenapa mungkin karena sudah beranjak tua saya selalu ingin merasa lebih muda saja.

M Roil Bilad

M Roil Bilad

Saya di lahirkan sebagai sasak (nama suku asli lombok) tulen. Dilahirkan dan dibesarkan di lombok. Namun sejujurnya saya kurang mengenal budaya sasak karena saya dididik dengan nilai-nilai islam oleh kedua orang tua saya. Selain itu, budaya sasak mungkin mulai kehilangan identitasnya di kampung saya, pinggiran kota praya. Karena kota praya dikenal dengan pagah-praya, (ngeyel, ngotot, tidak mau mendengar) sehingga mereka cenderung tidak mau tunduk terhadap budaya yang menurut mereka tidak layak atau tidak logis untuk diimplementasikan.

Saat ini saya sedang menjalankan kulaih s3 ditemani istri di KUL, Belgia. Penelitian saya fokus dibidang bioreaktor membran (BRM) yang sekali-sekali saya ulas juga di blog ini. Saya menyelesaikan Master di bidang yang sama dengan yang saya teliti sekarang di Universiti Teknologi PETRONAS, Malaysia. Sedangkan S1 saya, saya selesaikan dari labtek-biru penuh kenangan, kampus ganesa tercinta, ITB-Bandung.

Informasi lainnya tentang saya, dapat dilihat dari tulisan-tulisan saya. Seperti yang saya yakini, kalau manusia itu unik tidak saja dari sidik jarinya(finger print) namun juga dari sidik tulisnya (text print). Setelah saya sering menulis, dengan mudah saya mengenal tulisan saya meskipun hanya berupa penggalan paragraf. Hal ini terutama sekali saya rasakan ketika editor pribadi saya, Uswatun hasanah, yang juga istri saya tercinta yang dengan mudah mengenal tulisan saya.

Blog ini saya buat ntuk berbagai informasi saja, selain sebagai media bagi saya untuk belajar menulis. Jika kebetulan saya menemukan informasi berharga saya berusaha untuk merangkumnya di blog sederhana ini. Blog ini juga saya gunakan untuk menampung ide dan pikiran-pikiran liar saya agar tidak menguap ditelan waktu. Saya berusaha menuliskan berbagai teknologi sederhana yang mungkin dibutuhkan dan bisa diterapkan di Indonesia. Yang paling saya takutkan ketika memulai blog ini adalah saya takut terputus dan berhenti ditengah jalan. Seperti begitu banyak blog-blog saya sebelumnya, saya hanya bisa bertahan paling lama 2-3 bulan.

Namun sekarang saya ingin memulainya dengan sederhana. Saya ingin terus mengingatkan diri saya, bahwa informasi yang saya letakkan disini saya yakin merupakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dibelahan dunia ini, yang membacanya. Meskipun dikemas sederhana, blog ini memuat cita-cita luar biasa. Dibagian kiri atas saya membuat sejumlah halaman-halaman (pages). Page tersebut umumnya berisi semacam daftar terstruktur dari isi blog ini. Saya bercita-cita kelak jika terus bisa istikomah, setiap sub-sub topik yang ada dapat dikompile menjadi sebuah buku sederhana, sesuai dengan topik-topik pembahasan yang ada.

Kepada sahabat-sahabat yang membaca blog ini, saya berharap akar ikut mendoakan agar cita-cita saya terhadap blog ini terwujud, dan saya bisa istiqomah dan sabar nge-blog sampai kelak entah kapan. Ada yang bilang bahwa petualangan panjang dimulai dengan satu langkah. Kesuksesan besar didasarkan pada kebiasaan-kebiasaan baik dan sederhana yang selalu terpelihara. Jumlah jarak yang kita tempuh untuk bepergian sepanjang hidup kita kita mulai dengan langkah pendek ketika kita belajar berjalan waktu bayi. Maka dengan mengucap nama Allah, semoga blog ini bisa terus menemani langkah panjang saya menggapai cita-cita hidup didunia dan akhirat.

Wallahu a’lam,

MRB

39 Comments

  1. December 2, 2010 at 10:07 am

    […] Penulis: M Roil Bilad […]

  2. December 3, 2010 at 10:19 am

    […] Oleh: M. Roil Bilad […]

  3. adhi said,

    January 25, 2011 at 11:52 am

    wah, saya jadi tergugah nieh…. trimz y mr.Roil… kebetulan saya juga sedang mengembangkan Biogas yah,,,, kecil-kecilan sih.. tapi seperti yang mas ungkapkan, langkah awal harus muncul . . . dan semoga usaha saya ini dapat terwujud dan dapat diselesaikan dengan baik dan meningkat menjadi lebih baik lagi…. jika butuh team untuk pengembangan di jawa timur-malang- bisa hubungi saya adhi,
    0815-2049-3865

    • M Roil BILAD said,

      January 25, 2011 at 12:07 pm

      Hi mas Adhi,

      Saya doakan usahanya sukses ya, klo berhasil mohon sharing bersama ya. Klo ada yang bisa saya bantu, meskipun dari jauh, akan saya usahakan.

      Salam kenal,

      Roil

  4. m aris hermanto said,

    March 1, 2011 at 2:43 am

    saat ini saya sedang mencari2 program au pair utk anak saya, krn saya merasa bahwa pendidikan S1 di indonesia cukup mahal biayanya & mungkin tidak terjangkau buat saya, sehingga saya cari2 program au pair yg menurut keterangan anak temen saya (saat ini telah menyelesaikan program au pair & sedang kuliah S1 di belgia) bahwa kuliah di eropa khususnya beladan & belgia cukup mudah & murah dengan mengikuti program2 bisa au pair maupun bea siswa, mohon kiranya saya diberikan informasi tentang bagaimana cara mengikuti program au pair maupun program beasiswa lain sehingga saya dapat menyekolahkan anak saya sebagai mana mestinya, terima kasih atas informasinya
    (marishermanto@ymail.com)

  5. amalia muchammad said,

    March 19, 2011 at 2:23 am

    assalamualikum…warrahmah…

    salam kenal Mas Roil.. saya Amalia Muchammad , mahasiwi pascasarjana ITB. ingin menyanyakan bagaimanakah cara bergabung dio blog anda? supaya terjalin komunikasi all about science dan pengalaman anda selama belajar di luar.. terimakasiiih…

    • M Roil BILAD said,

      March 19, 2011 at 6:29 pm

      Sekarang feature daftarnya sudah diaktifkan. Dan emailmu sadah saya daftarkan, tinggal konfirmasi sajašŸ™‚ Mudah-mudahan bisa berbagi di media blog inišŸ™‚

  6. June 6, 2011 at 3:44 pm

    maaf yah mas, maklum, sudah malam di indonesiašŸ˜€

  7. afi said,

    July 21, 2011 at 10:43 am

    assww, salam kenal mas roil. informatif sekali blognya… btw, sy mau nanya ni ttg akomodasi murah di brussels. sy ada acara di belanda awal sept, kebetulan ada free conference di brussels 4 hari setelahnya, pengen ikut tp budget terbatas utk extended stay. adakah info/saran?terima kasih byk sblmnya ya…

  8. sanjaya said,

    August 5, 2011 at 2:56 pm

    Menarik bulan puasa ini Bung Roil ternyata berbagi cerita di RRI…smoga lancar puasanya

  9. August 23, 2011 at 5:39 am

    assalamualaikum mas Roil,

    saya fadjar, salam kenal dan terimakasih atas info visa belgia di artikel mas roil. alhamdulillah sy bersama istri magrib nanti akan menuju belgia u menjalani erasmus mobility program. saya ingin konsultasi per email kalau mas roil berkenan. email mas Roil apa ya? email saya sdh sy subscribe di blog mas Roil. terimakasih banyak.

  10. Parluji Panji said,

    August 23, 2011 at 11:21 pm

    Asalamualaikum, mas, saya petani kelapa sawit dan memelihara 6 ekor sapi. Saya juga membuat bio urine dari kencing sapi dengan produksi rata2 200 liter per 2 minggu. Hanya sayang, saya tidak tahu bagaimana caranya potensi ini dapat dijadikan satu sumber pendapatan yang menguntungkan.
    Tks, wasalam.
    parluji05@yahoo.com/0741-64755

    • M Roil BILAD said,

      August 24, 2011 at 11:19 am

      Waalaikum salam,

      Pemasaran urin (bukan biourin) sebagai pupuk cair memang sepertinya agak sulit. Paling banyak urin digunakan untuk keperluan sendiri. Jika mengasumsikan bahwa urin dijadikan sebagai sumber asupan N, maka urin akan jadi jauh lebih ekonomis. Jika dibandingkan dengan urea yang mengandung sekitar 46% N maka satu kilogram urea setara dengan sekitar 23 liter urin. Jika urea bersubsidi berharga Rp.2200 per kilogram (berdasarkan harga eceran tertinggi), maka urin akan dihargai sekitar Rp.100 per liter. Jadi sangat tidak ekonomis.

      Namun, urin sebagai pupuk cair bisa jadi ekonomis untuk pasar tertentu, misalkan untuk pupuk taman. Jika dikemas dengan baik dan dijual berpaketan dengan kompos mungkin bisa memeliki daya jual dan menguntungkan. Saya doakan agar pak Parluji tetap istikomah memanfaatkan limbah untuk pertanian.

  11. suherman said,

    September 22, 2011 at 8:49 am

    maaf ini yang saya tanyakan lain …. saya mau tanya apakah semeton yang pernah ikut jambore nasional tahun 1996

  12. rully said,

    January 18, 2012 at 7:04 am

    mas maaf sebelumnya saya ambil beberapa materi buat skripsi saya dari blog mas roil bilad. di komonitas sasak. mas kalo boleh tau referensinya dari buku siapa ya mas, habis saya mencantumkan alamat blog mas ga boleh oleh kampus saya, mohon pencerahannya mas, saya harap mas punya buku sendiri jadi saya bisa menaru nama mas roil ada di daftar pustaka saya,

    thanks ya mas

  13. cacingjogja said,

    February 20, 2012 at 7:39 am

    klo ada makalah tentang pertanian organik lagi…mau dong…mksh bgt

  14. jt said,

    March 25, 2012 at 3:55 pm

    selamat malam dan salam kenal,
    mas apa boleh berkorespondensi lewat email? terutama karena mas di KULeuven dan saya akan mengikuti training di sana.
    terima kasih ā€¦

  15. Naldi Sinaga said,

    July 26, 2012 at 11:30 am

    selamat malam, mas boleh berbagi artikel yg lengkap mengenai metode inversi fasa?

    • M Roil BILAD said,

      July 30, 2012 at 2:39 pm

      Sudah saya jawab via email kan?

      • naldi sinaga said,

        August 1, 2012 at 6:38 am

        Ya mas, kalau tentang edible film biodegradable ada ga ya?

  16. armita said,

    September 26, 2012 at 10:41 pm

    ass mas… salam kenal sebelumnya, masih di belgia kah? saya sedang mencari orang yang bisa membantu saya membelikan barang yg hanya di jual di belgia. karena distributor barang tsb di indonesia lamban sekali sementara saya awam sekali mengenai perdagangan internasional. Jadi sekiranya apakah bisa membantu?

  17. SatriYout said,

    October 3, 2012 at 5:07 am

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    All i have to say is WOW!!!
    Salam kenal buat anda semeton…šŸ™‚
    Salut untuk anda… Sebagai sesama sasak wajar sy bangga dan sangat terharu bhw ada orang Lombok yg begitu
    berprestasi… Semoga Allah SWT senantiasa berikan segala kebaikan buat anda utk tetap istiqomah jalani perjuangan demi kemajuan ilmu pengetahuan menuju Indonesia yg lebih baik… Aaamiin
    Melalui coment ini sy berharap terjalin tali silaturrahim utk selanjutnya bs share ilmu…
    Wassalam…

  18. rio f wilantara said,

    August 7, 2013 at 9:08 pm

    assw, ada alamat email mas?

  19. lalu junaidi lombok timur said,

    February 11, 2014 at 12:51 am

    senang membaca blog M Roil Bilad, perbanyak terus !!!!

  20. December 15, 2015 at 6:50 am

    Salam kenal…
    senang sekali saya membaca blog mas Roilbilad. Ini membuka wawasan bahwa ternyata ada toh orang Indonesia yang sekolah di Belgia. saya merasa tidak sendirian.
    Saya berencana kuliah di Univ.Liege September 2016 dan membawa pasangan. Bisakah pasangan kita bekerja di belgia? bagaimana mengurus ijin bekerja di Belgia untuk pasangan. Keahlian suami adalah IT. saya baru sadar tunjangan untuk pasangan tidak terlalu besar dan mungkin tidak bisa pulang ke indo setiap tahun.

    Mohon informasinya mas RoilBilad.

    Terima kasih sebelumnya

    Subekti M

    • MR Bilad said,

      April 14, 2016 at 7:08 am

      Coba ke grup FB PPI Belgia. Saya sudah tidak di Belgia lagi.

  21. awenkprana said,

    January 2, 2016 at 11:56 pm

    simply fascinating… keep writing, stay enlightening!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: